Jumat, 01 Mei 2020

Bubur Kacang Ijo Tanpa Santan

Senin pagi kemaren tanpa sengaja nemu resep baru, berkat ketiadaan santan.
Memanfaatkan sisa kacang ijo bekas eksperimen kue kumbu, kubuatlah bubur.
.
Biasanya aku make bahan-bahan berikut: jahe, gula merah, dan santan (kalo lagi ada uang). Itu resep yang dipake mamak dulu (baangeeettttt) kalo masak bubur tiap Sabtu. What a wonderful weekend.
.
Tapi belakangan, aku modifikasi.
Aku nambahin pala sama kayu manis.
Sama sejumput garam. Untuk garam ini, tips nya aku dapet dari oppung. Salah satu oppung maksudnya. Karena orang Batak punya banyak oppung.haha.
.
Back to the topic.
Waktu lagi masak, semua bahan udah dimasukin kan, kecuali santan. Kok warnanya pucat banget ya.
Mikir bentar, keinget ada bubuk coklat. Ah, aku masukin deh.
Aduk-aduk, nunggu bentar biar coklatnya berproses. Icip. Kemanisan. Tambah air. Icip lagi, kurang manis. Tambah gula merah.
.
Waktu lagi nambahin gula merah, tiba-tiba keinget ucapan si Gundul. "Kemiri bisa nambah gurih masakan."
Aku masukin lah ya kan. Kira-kira lima keretan lah.
Hasilnya, hmmm... Enak.
Kuah juga jadi kental. Btw kemiri juga gunanya untuk bikin kental masakan, karena mengandung minyak.
.
Langsung awak santap. Ditemanin sama kopi hitam.
Aku bagi jadi dua porsi. Satu porsi aku taro di gelas keramik, lalu aku masukin kulkas. Buat dimakan malam.
.
Siapa tau ada yang mau nyoba, ini resepnya.
Kacang ijo: seperempat gelas kopi
Air: setengah liter
Jahe: dua sentimeter
Gula merah: kira-kira seukuran tutup botol aqua
Garam: sejumput
Pala: 15 gerusan
Cengkeh: 2 biji
Bubuk coklat: setengah sendok teh
Kemiri: lima gerusan
.
Nanti airnya nyusut jadi seperempat liter. Pas lah untuk kuah dua kali makan.
Sebaiknya satu malam sebelumnya kacang ijo direbus dulu. Cukup sampe air mendidih, matikan kompor. Lalu diamkan.
Besok pagi nya baru mulai diolah. Kata mamak sih biar mekar.
.
Kalo cuma punya rice cooker, lumayan gampang juga masak nya.
Biar air gak cepat habis waktu nunggu kacang ijo mekar, pas air nya udah mendidih tunggu lah 3 menitan, lalu tempat nasi nya diangkat dikit, biar ganti mode dari Cooking jadi Warm. Sepuluh menit kemudian, cetekin lagi.
Ulang lagi sampe mekar, dan kacang tidak terasa mentah. Harus sabar memang.
Kalo pake kompor kan api bisa dikecilin.
.
*NB:
gelas kopi: gelas yang dipake buat bikin kopi sachet-an.
.
Tips (baru dapet nih):
Biar kacang ijo kerasa lembut di lidah, garam dimasukin waktu kacang sudah mekar.

Tidak ada komentar: