Rabu, 28 Agustus 2013

Saudara Muda Borobudur

Pas baru masuk SMP dulu, mata pelajaran Sejarah langsung ngebeberin fakta bahwa pengaruh Hindu-Buddha pernah berjaya di Nusantara.
Tentunya itu bukan cuma omong kosong belaka aja.
Buktinya?
Ente pengen bukti? Noh, tengok Candi Borobudur, bangunan besar nan megah yang sampai saat ini masih jadi salah satu perhatian dunia.

'Angkor Wat'
Awalnya yang aku tahu tuh dua kata itu adalah nama permainan di hape gitu. (hehehe...)
Eh, kemudian wawasanku pun gak sengaja ter-update sama suatu tayangan di TV yang nyeritain profil singkat Angkor Wat.

Saudara-saudari sekalian, ternyata Angkor Wat itu adalah nama sebuah candi di Kamboja sana. Dan ternyata pernah juga dijadiin lokasi film Hollywood berjudul 'Lara Croft: Tomb Raider'.
Menariknya Angkor Wat ini sengaja "dibiarkan tak terawat" untuk menjaga kesan aslinya. Jadi, banyak lah di situ semacam tiang-tiang fondasi yang runtuh gitu, dan juga batu-batu besar.

Waktu ngeliat tema hari kedua lomba blog "10 Days For ASEAN" jujur aku baru tahu bahwa ternyata relief-relief di Candi Borobudur mempunyai kemiripan dengan relief yang ada di Candi Angkor Wat.
Tambahan info: Borobudur itu dibangun 3 abad sebelum Angkor Wat ada.

Alhasil, pikiran ini pun dipaksa untuk sejenak berimajinasi demi ngedapetin Samsung Galaxy.hahaha...

Nah, ceritanya kan Candi Borobudur tuh dulu pernah tertimbun di dasar tanah karena ada gempa yang dahsyat gitu.
Jadi, mungkin aja penduduk sekitar Borobudur tuh (macam Magelang lah contohnya) melakukan migrasi menyeberangi lautan ke negeri nun jauh di sana, Kamboja. (duileh... bahasanya bang...)
Kemudian pas nyampe di sana kayaknya belum ada candi buat dipake ibadah. Nah, maka dibangunlah Angkor Wat.
Karena mereka belum bisa ngelupain Nusantara, timbul lah inisiatif untuk membuat relief candi yang persis sama kayak di Borobudur. (biar home sweet gitu deh ceritanya)
Namun ape hendak dikate, ape daye tangan tak sampai. Karena keterbatasan ingatan manusia maka reliefnya tak bisa persis sama, melainkan hanya sekadar mirip aja.hahaha...

Demikianlah imajinasi sesaat (baca: sesat) saya tentang kisah persaudaraan Borobudur dan adeknya yang bernama Angkor Wat.

"Angkor Wat yang gak direnov aja bisa masuk di film hebat. Masa Borobudur gak bisa seh?" :D
Makanya konkawan, ayok sama-sama kita promosiin!

Terima kasih.. :)

Tidak ada komentar: