Sabtu, 31 Agustus 2013

Kopi Dari Dua Negeri

Indonesia itu hebat. Buktinya kita berhasil masuk dalam jajaran tiga besar negara penghasil kopi terbesar di dunia. Setidaknya itu agak lebih halus untuk mengatakan bahwa Indonesia berada di peringkat ketiga.hahaha...
Sementara Brazil ada di posisi pertama, disusul oleh Vietnam yang menempati podium kedua.

Wow, dua negara ASEAN berada pada posisi strategis dalam jaringan industri dunia yang menjanjikan ini. Jika bersatu bukan tidak mungkin pasar kopi dunia nantinya dapat terkuasai.
Kepulauan Natuna sebagai penghubung pun dapat dijadikan pusat 'pengepulan' untuk selanjutnya diekspor ke berbagai negara tujuan.

Pertanyaannya, bisa gak ya?
Apa seh yang gak bisa, Viking sama The Jack aje bisa buat rusuh di Jogja.hahaha...

Ya, saya sih masih buta tentang seberapa jauh hubungan antara Vietnam dan Indonesia sudah terjalin. Palingan cuma di pertandingan sepakbola aja saya bisa ngeliat pembauran dua bangsa ini.hehe...

Tetapi dengan adanya Komunitas Ekonomi ASEAN di 2015 nanti, saya percaya hubungan kita dengan Vietnam akan lebih intens. Dengan semakin banyak membaur maka proses adaptasi pun akan lebih mudah dilakukan (mengingat perbedaan di antara kedua negara ini cukup besar).

Kalau visi udah sama, kerja sama pun akan makin mudah terjalin. Selanjutnya tinggal menjaga hubungan tersebut tetap adem ayem, termasuk menghindari provokasi dari pihak lain.

Satu hal yang penting. Saya rasa keinginan untuk lebih unggul (dalam industri kopi tentunya) dari masing-masing pihak harus diredam dulu, supaya identitas sebagai 'penguasa kopi dunia' bisa cepat terwujud. :)

Go Indonesia! Go Vietnam!

Tidak ada komentar: