Senin, 20 Agustus 2018

Ternyata Gending Sriwijaya

Dari judulnya udah ketahuan, tapi itu bagi orang-orang yang suka lagu daerah. Jadi, aku bakal jelasin ya.
,
Hari Sabtu kemaren tanpa sengaja aku nonton Opening Ceremony Asian Games Jakarta-Palembang. Btw lagi rame dibicarin nih, semoga bisa dongkrak traffic blog.
,
Awalnya gak ada niat sih buat nonton acara ini. Aku nyetel NET TV rencananya mau nonton Waktu Indonesia Timur.
Eh, eh, eh, ternyata ditiadakan.
,
Pertunjukannya bagus banget, sekitar dua setengah jam mungkin, mulai dari jam 7 malam lewat dikit sampai jam tengah sepuluh kurang dikit.
,
Dimulai dengan tarian Aceh.
Baru lagu-lagu daerah. Untuk yang satu ini, kayaknya sang director, jiplak lagu daerah medley nya Elfa's Singer banget deh.
Mulai dari Sigulempong (sumut), Tak tontong galamai jaguang (sumbar), Padang Bulan (jatim).
Sampek lagu dari Kalimatan Selatan kalo gak salah, yang liriknya kayak gini:
"Kotabaru gunungnya bamega. Bamega, umbak manampur disala karang."
,
Ada satu yang mencuri perhatianku. Yang buatku berkesan banget, soalnya melodinya aku suka.
Jadi Joey Alexander mainin lagu daerah kan. Sekilas mirip musik-musik Bali gitu, kaya nada.
Nah, karena Lombok baru aja kena gempa dan karena kedekatan wilayahnya dengan Bali, jadi aku nebak lagu itu dari Lombok.
,
Ternyata saya salah.
Pas nge-cek di google, lagu itu ternyata berasal dari Sumatera Selatan.
Judulnya Gending Sriwijaya.

Tidak ada komentar: